Latpra Ops Patuh Marano 2024, Wakapolda Sulbar : Budaya Tertib Berlalu Lintas Jangan Sekedar Logo

Polda Sulbar – Latihan Praoperasi Kepolisian dengan sandi “Patuh Marano 2024” dibuka langsung oleh Wakapolda Sulbar Brigjen Pol Rachmat Pamudji, Jumat (12/7/24).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Marannu Mapolda itu mengusung tema “Budayakan tertib berlalu lintas demi terwujudnya masyarakat Sulbar yang Malaqbi menuju Indonesia emas”.

Wakapolda Sulbar dalam sambutannya menyebutkan operasi Patuh sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas demi mengurangi angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan.

Hanya saja kata Jendral bintang satu itu, tema yang diusung yaitu mewujudkan budayakan tertib berlalu lintas dalam kegiatan operasi patuh kedepan jangan hanya sekedar logo atau slogan.

Budaya itu, menurut Wakapolda Sulbar bukan karena ada operasi, bukan karena takut sehingga masyarakat atau petugas sendiri baru mau tertib berkendara tetapi budaya itu harus tertanam dalam hati sebagai kebutuhan pokok sehingga setiap kemungkinan ancaman khususnya yang berkaitan dengan keselamatan berkendara bisa diantisipasi.

Ingat kewajiban kita selaku pelopor keselamatan, saat melihat yang tidak sesuai harus diingatkan siapapun orangnya tentu mengawalinya dengan menjadi contoh yang baik. “Bersama kita bisa wujudkan budaya tertib berlalu lintas”, tutur Wakapolda.

Lanjut Wakapolda, Latpraops Patuh Marano ini untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian serta pengetahuan personel dalam bertugas dilapangan nantinya.

Latpraops ini memiliki beberapa tujuan. Diantaranya menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam pelaksanaan operasi, meningkatkan kemampuan serta keterampilan seluruh personel yang ditugaskan.

Selanjutnya mensinergikan seluruh personel yang ditugaskan agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama, mengevaluasi perlengkapan serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi berbagai perkembangan situasi kamtibmas.

Untuk itu, seluruh peserta saya minta mengikuti Latpraops ini dengan sungguh-sungguh. Kemudian melaksanakan kegiatan serupa di Polres/ta masing-masing.

“Saya minta laksanakan operasi kedepan dengan santun. Kita harus terus meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri dengan menjadi contoh yang baik dan berupaya agar ada hasil yang maksimal selama pelaksanaan operasi berlangsung,” tutup Wakapolda.

Latpraops dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Sulbar beserta Kabag Ops serta Kasat Lantas  jajaran. Usai pembukaan, dilanjutkan pemaparan materi pelatihan dari masing-masing pejabat utama yang ditunjuk.

Humas Polda Sulbar

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours